12 Hal Yang Harus Ada Pada Kemasan Produk Kamu
  • Merk Dagang/logo

Poin ini adalah merupakan hal yang sangat penting, karena merk akan menjadi ciri khas dari sebuah produk, maka darin itu harus dibuat dan dikemas dengan baik.

  • Nama Produk

Sama seperti di atas nama produk dapat menetukan kesuksesan sebuah produk, usahakan nama produk dapat mudah di ingat. Jika produk mudah  di ingat atau memiliki nama yang unik kemungkinan akan meningkatkan brand awareness.

  • Jenis Produk

Sebagai produsen kita harus menyampaikan jenis produk apa yang akan dijual. Biasanya deskripsi produk ini tidak hanya dijelaskan dengan tulisan, tetapi juga gambar yang menarik di sekitar kemasan.

  • Logo Halal

Poin ini memang tidak terlalu wajib, namun jika anda memasarkan produk di Indonesia yang dimana mayoritas penduduknya beragama Islam, maka sertifikasi Halal akan membantu umat Islam agar terhindar dari bahan makanan yang diharamkan. 

  • Berat (netto)

Berat netto adalah pengukuran atau timbangan produk Anda tanpa kemasan. Hal ini juga perlu dijelaskan kepada konsumen, meskipun memang jarang dilirik. Biasanya konsumen yang sangat teliti benar-benar tidak ingin dirugikan dari penjualan produk. Namun berat sangat berguna jika anda ingin menjual produk secara online.

  • PIRT (Perizinan)

PIRT memiliki kepanjangan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Perizinan ini dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan di masing-masing provinsi. Jika produk Anda telah mendapatkan nomor sertifikat izin, dinyatakan telah lulus uji klinis dan layak untuk diedarkan. Namun sayangnya tidak semua produk bisa mendapatkan PIRT. Oleh karena itu, Anda harus memilih produk dengan tepat agar bisa mendapatkan PIRT.

  • Penjelasan Produk

Penjelasan produk biasanya menjelaskan secara rinci manfaat atau keunggulan dari produk. Misalnya produk susu. Produsen akan memberikan informasi manfaat mengonsumsi susu hasil produksinya. Selain itu, produsen juga akan menonjolkan keunggulan produknya dari jenis yang lain, mulai dari rasa yang lebih kental, dan lain-lain.

  • Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa adalah salah satu hal yang sering dilihat konsumen saat membeli produk. Pasalnya, produk yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa dapat berakibat fatal jika nyatanya sudah melewati batas pengonsumsian. Dampak terburuk konsumen bisa mengalami keracunan hingga kematian. maka, tanggal kadaluarsa sangat penting untuk dicantumkan.

  • Barcode

Kalau yang satu ini memang tidak terlalu dianggap penting oleh konsumen. Barcode digunakan sebagai sistem registrasi komputerisasi barang. Misalnya, pemeriksaan harga produk atau pemasukkan data harga, dan sebagainya.

  • Komposisi

Komposisi adalah bagian yang menjelaskan kandungan bahan-bahan yang digunakan dalan memproses produk. Bagian ini biasanya dilihat konsumen yang memiliki suatu alergi atau menghindari olahan yang terkandung. Misalnya terdapat komposisi lemak hewani yang terlalu banyak. Konsumen bisa mengetahui dari bagian ini.

  • Kandungan Gizi

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet pasti sangat penting untuk melihat kandungan gizi dalam kemasan makanan. Selain komposisi, kandungan gizi juga menjadi perhatian untuk konsumen yang memiliki gaya hidup sehat. Kandungan gizi ini butuh ditampilkan untuk mencocokkan pola makan konsumen yang sangat disiplin mengatur gaya hidup sehatnya.

  • Alamat dan Keterangan Produsen

Pencantuman alamat ini memberikan luang untuk konsumen apabila ingin menyampaikan keluhan atau masukan kepada produsen.


Sumber : https://wiratech.co.id/kemasan/